Hidup Tanpa Ekspektasi

 



Mana mungkin hati ini
Terbuai ekspektasi tinggi
-Kunto Aji 

Membaca judul itu pada sebuah video wawancara Afgan dengan Putri Tanjung di kanal YouTube CXO Media, membawa saya pada sebuah perenungan panjang. 

Bahwa ternyata, ya. Selama ini kita membersamai serangkaian ekspektasi dalam hidup. Entah itu terhadap diri sendiri atau orang lain. Padahal, adanya ekspektasi justru membuat kita tertekan, bahkan terbeban, entah sadar atau tidak. 

Akhir-akhir ini, saya sedang belajar untuk menjadi begitu. Ya, tidak menaruh ekspektasi atas apapun dan pada siapapun. Apalagi sejak sejumlah kejadian datang secara mengejutkan, dan memaksa untuk saya terima. 

Masih belum menemukan jalan untuk keluar dari tempat kerja.
Ditinggal dan didiamkan tiba-tiba oleh orang yang bertahun-tahun dicinta.
Hampir 31 tahun usia, tapi penambat hati belum ditemukan juga.
Sementara, Ayah-Ibu makin menua, dan diri merasa belum bisa melakukan apapun untuk mereka. 

Hal-hal itu menumpuk, lalu menggumpal dan berjejal di pikiran. Memberati hati kemudian. Berujung pada tanya, mengapa jalannya harus seperti ini, Tuhan? Rasanya sudah melemah punggung. Hanya berkawan diri sendiri menanggung semuanya. Pada batas mana lagi sabar ini harus diletakkan? 

Maka, kini sepertinya sekecil apapun itu, ekspektasi harus mulai ditanggalkan pada setiap lini hidup. Mari jalani setiap harinya, biarkan mengalir begitu saja. Yang Maha Mengatur punya alurnya, biar Dia yang mengatur semuanya. 

Kini, hari-hari saya hanya tentang bangun pagi, siap-siap berangkat kerja, dan pulang saat malam menjelang.
Jika waktunya libur, ya mengisinya dengan pergi ke suatu tempat jika ingin. Jika tak ingin, ya di rumah saja. Begitu seterusnya, sampai diri ini melupa segala ekspektasi itu. 

Soal hati. Inilah yang paling saya pasrahkan. Hampir tak miliki ekspektasi sama sekali tentang jodoh dan cinta. Sebab, ekspektasi itu menekan, membebani, dan sangat berpotensi mengecewakan. 

Semoga Dia yang Maha Menguatkan berkenan memberi kuat-Nya selalu.[] 

15 Juni 2023

Posting Komentar

0 Komentar