Empat Tanggal di Agustus (1)

Membuat balon besar itu meletus
Kenangan di dalamnya terhambur keluar
Berserak tak karuan
Lama ku duduk di bawah sana,
Memandanginya dengan banyak rasa
Mau tak mau, kupunguti satu-satu
Mau tak mau, kubaca lagi
Sontak, segala cerita masa lalu terputar kembali
Penuhi hati dan pikiran
Bawa sebentuk sesak, derai tawa, dan airmata
Kini mari, rangkai lagi segala kenangan itu
Lewat empat tanggal yang suguhkan rangkum senandung...


*




Kini masih sama dengan lima bulan lalu. Saya masih terlalu banyak berdiam di rumah, hanya jalani rutinitas yang sama. Bahkan mulai terbiasa melihat hubungan akhir pekan dan keluar rumah yang jadi makin renggang. Deretan kafe bersama segala jenis kopi, mari berjumpa di mimpi.

Tubuh terasa nyeri setiap pagi dan petang. Jenuh mendera hati dan pikiran. Terlebih ketika sadari bahwa bincang dengan mereka terjadi makin jarang. Ciptakan semacam sesak. Memenuhi dada. Timbulkan radang.

*

Selasa, 4 Agustus 2020. Angka delapan merapat di malam yang tak sedingin biasa. Senyum tergambar di wajah. Makin lebar saat serombongan lelaki itu muncul di panggung berlatar cahaya redup.

Sesaat kemudian, musik dimainkan. Suara khas sang vokalis pun terdengar. Suara ini telah menarik perhatian indera dengar saya sejak 2012, lewat promosi seorang kawan lama.

Kawan saya ini juga penyuka musik dan cukup sering meng-cover lagu. Namun bedanya, ia lebih sering mengulik lagu yang terbilang antimainstream. Salah satunya adalah lagu-lagu dari grup musik ini. Saat itu, ia memberi saya file mp3 dua lagu. Selamat Datang dan Sampai Waktunya Datang.

*

Bernama The Finest Tree, beranggotakan sepasang kakak-beradik. Elang dan Cakka Nuraga. Nama Cakka tidak asing buat saya, sebab 12 tahun lalu saya sering menonton aksinya di panggung Idola Cilik 2. Saat itu usianya masih sekitar 10 tahun.




Sebenarnya, saya cukup kaget dengan kualitas dan warna vokal Cakka saat ia beranjak remaja hingga sekarang. Terasa cukup berbeda dengan suaranya saat kecil dulu. Kini, suaranya jadi lebih merdu dan ada sedikit kemiripan dengan suara Duta Sheila on7, menurut telinga saya.

Tak jauh-jauh, rupanya produser mereka adalah gitaris Sheila on7, Eross Candra. Di album pertama dan kedua, beberapa lagu mereka merupakan ciptaan Eross. Selanjutnya, mereka lebih banyak merilis single.

Mereka sering pula mengisi acara konser off-air, juga acara musik on-air di televisi. Mereka pernah berkolaborasi dengan Sheila on7 juga Brisia Jodie, baru-baru ini.

*

Di tahun 2015, mereka tergabung dalam album kompilasi We Love Disney bersama sejumlah penyanyi lainnya. Mereka didapuk membawakan lagu tema dari film Tangled, I See The Light, dalam versi Bahasa Indonesia.




Di 2019, mereka merilis mini album bertajuk Tertujuh, dengan menyuguhkan dua lagu lama mereka yang diaransemen ulang, yakni Sampai Waktunya Datang dan Lupa Bawa Nyali.

Dirilisnya Membiru tahun ini menjadi penanda kembalinya mereka ke dunia musik, setelah sempat vakum beberapa waktu lalu. Saat itu, Cakka memang pamit sejenak untuk pergi ke Pakistan.

*

Kembali pada 4 Agustus. Para fans yang disebut Forester menyambut gembira, saat konser bertajuk Membiru ini tersiar langsung di YouTube. Wajar saja jika mereka antusias. Konser The Finest Tree jadi yang dirindukan, terlebih sejak adanya pandemi ini.




Sayang, saya lupa urutan lagunya. Tayangan streaming ini pun sempat beberapa kali terjeda cukup lama. Saya pikir, paket data saya yang habis, tapi ternyata memang koneksi mereka yang tersendat.

Walau begitu, senyum tak lelah tersungging di bibir saya. Senang rasanya bisa mendengar suara khas Cakka nyanyi live lagi. Apalagi saat sejumlah tembang favorit saya dimainkan. Seperti Melebur Beda, Lupa Bawa Nyali, Sampai Waktunya Datang, Sedikit Waktu, dan Namamu di Doaku.

*

Kabar gembiranya, konser ini akan ditayangkan ulang besok, pukul delapan malam. Masih di kanal YouTube yang sama.

Konser Membiru cukup berhasil kembalikan semangat saya lagi di tengah adaptasi atas situasi ini. Thanks for coming back, guys! Keep making many easy-listening songs![]

Hampir ujung Agustus 2020
Adinda RD Kinasih

Pictures said:
1. The Finest Tree
2. Cakka Nuraga
3. Elang Nuraga
4. Poster Konser Membiru
Source: Instagram @thefinesttree, @theforester_id, @cakkanuraga, @elangnuraga.

Posting Komentar

0 Komentar