Mencuri Raden Saleh : Tak Hanya Tentang Mencuri Lukisan

Part 2

Judul  : Mencuri Raden Saleh
Aktor : Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, Aghniny Haque, Rachel Amanda, Ari Irham, Umay Shahab, Andrea Dian, Ganindra Bimo, Atiqah Hasiholan, Tio Pakusadewo, Dwi Sasono, Muhammad Khan, Tegar Satrya.
Skenario : Angga Dwimas Sasongko, Husein M. Atmodjo
Produksi : Visinema Pictures
Rilisan    : 25 Agustus 2022




Akhirnya, beberapa setelah perilisan, tepatnya di 31 Agustus, saya berkesempatan nonton film ini di CGV Blitar Square bersama seorang teman lama. Tanpa rencana, tentunya. Semua serba dadakan dan buru-buru. Sampai di sana, jam sudah mepet. Harus berhadapan pula dengan eskalator, napas tersengal, juga lelahnya kaki.

Sampai di dalam studio, tepat beberapa saat sebelum opening title. Saya menyimak kisah ini setengah-setengah. Sebab masih belum teraturnya napas, hingga dahaga yang tak kunjung reda. Memaksa saya bolak-balik membuka tas, menenggak air putih dalam botol yang saya bawa.

Saat film berakhir dan lampu studio menyala, rasanya ingin saya ulang saat itu juga. Agak menyesal tak merunut lebih dalam alur cerita ini.





Rupanya, Mencuri Raden Saleh menyimpan kejutan lain untuk saya. Akhir pekan ini, sebuah ajakan dari Almira sungguh tak ingin saya tolak. Ia sedang pulang ke Blitar, dan penasaran dengan film ini. Segera saya iyakan, meski sebenarnya tubuh sedang diserang flu ringan. Nanti saat di bioskop akan baik-baik saja, kok. Begitu saya semangati diri sendiri.

Kami tiba setengah jam sebelum film diputar. Drama dengan eskalator tak serumit kemarin, karena ada Mama yang meyakinkan bahwa saya bisa. Posisi kursi yang kami pilih pun sangat pas. Kami masuk ke studio saat layar memutar trailer sejumlah film mendatang.

Film pun dimulai. Saya merunut lagi kisahnya sejak awal, mengingat lagi adegan dan dialognya, dan makin bisa hanyut ke dalamnya saat nonton kali ini.

Mereka berenam tak serta-merta mencuri sejak awal. Ada beberapa alasan dan desakan yang memaksa mereka melakukannya. Dalam aksinya, bakat mereka masing-masing pun berguna dengan baik.




Kakak beradik, Tuktuk (Ari Irham) dan Gofar (Umay Shahab) sebagai driver dan mekanik handal. Fella (Rachel Amanda) sebagai negosiator dan "sumber keuangan" mereka. Sarah (Aghniny Haque) si jago beladiri, Ucup (Angga Yunanda) sebagai hacker, dan tentunya Piko (Iqbaal Ramadhan) sebagai pelukisnya.

Di lain sisi, yang mengejutkan, Piko justru dikhianati oleh seseorang yang menjadi alasan utamanya melakukan kejahatan ini. Namun, seseorang itu pun sadar, ternyata Piko dan kawan-kawannya masih lebih cerdas darinya.






Mencuri Raden Saleh berhasil menunjukkan bagaimana sebuah ide hebat sejak enam tahun lalu bisa diwujudkan dengan maksimal. Peramuan cerita yang keren, pemilihan para aktor yang tak main-main, juga penentuan lokasi yang bisa dibilang cukup berani.

Budget film ini, seperti yang Angga pernah sampaikan dalam sebuah wawancara, memang mahal. Tapi, sepertinya itu semua terbayar dengan satu juta lebih orang yang telah menontonnya hingga hari ini. Bahkan, ini film pertama yang saya tonton dua kali, di bioskop![]

Foto :
Poster film dan semua aktor, from Instagram @visinemaid
Dok. Pribadi




Posting Komentar

0 Komentar