Result and Reunion Show Indonesian Idol 2020 : Penentuan Diva Indonesia Masa Depan





Gelaran pamungkas Indonesian Idol begitu meriah malam tadi. Kejutan demi kejutan dihadirkan, semua penampilan terbaik disuguhkan.

Dua grand-finalis, Lyodra dan Tiara kembali bertemu dengan ke-13 sahabat mereka. Beberapa bintang tamu pun didapuk berkolaborasi dengan mereka berdua. Sebut saja Noah, Nella Kharisma, Saykoji, Lea Simanjuntak, juga J-Flow.

*




Diawali duet menyentuh dari Lyodra dan Tiara dalam lagu milik Andy Grammar, Don't Give Up on Me. Saat bernyanyi, mereka sempat pula berinteraksi dengan orangtua masing-masing.




Noah menjadi penampil berikutnya. Membawakan tembang Jalani Mimpi bersama Lyodra dan Tiara. Teriakan kaum hawa tak henti terdengar saat menyaksikan interaksi Ariel dengan dua gadis cantik ini.




Tiara berkolaborasi dengan Nella Kharisma dan Saykoji, membawakan salah satu hits milik Didi Kempot, Pamer Bojo. Sementara itu, Lyodra yang berasal dari Medan menyanyikan dua lagu Batak, yakni Biring Manggis dan Sik Sik Batumanikam.




Ada pula Rizky Febian. Solois yang populer berkat tembang Kesempurnaan Cinta ini berduet dengan Ziva dalam lagu Berpisah itu Mudah.

*

Kembalinya Bunga Citra Lestari sebagai salah satu juri pun turut menarik perhatian. Saya terenyuh melihat BCL yang tak seceria biasanya. Dia lebih banyak diam dengan raut wajah sendu.




Walaupun akhirnya ia sempat tertawa karena jenakanya tingkah Ari Lasso dan Anang, airmatanya berderai lagi saat Judika menyanyikan tembang yang bertajuk Tak Mungkin Bersama. Tentu saja, lagu yang sarat akan perihnya kehilangan ini membawa memorinya pada almarhum Ashraf Sinclair.

*




Selain penampilan kolaborasi, pada Result and Reunion kemarin, Lyodra dan Tiara juga bernyanyi solo. Lyodra membawakan tembang dari Jennifer Holliday, And I'm Telling You I'm Not Going. Ternyata, lagu ini pernah ia nyanyikan saat tergabung dalam grup Di Atas Rata-Rata bentukan Erwin dan Gita Gutawa. Saat itu, Lyodra baru berusia 11 tahun.




Sedangkan gadis asal Jember, Tiara, menyuguhkan I Surrender, sebuah hits dari Celine Dion. Tiara pun pernah membawakan lagu ini saat mengikuti lomba di Jember. Penampilannya ini menghasilkan lima standing ovation dari para juri.

*

Jelang pengumuman pemenang, ada penampilan menyentuh dari ke-15 finalis Idol dengan kelima juri. Mereka membawakan Semua untuk Cinta, yang merupakan lagu kemenangan mendiang Mike Mohede pada Indonesian Idol tahun 2005 lalu.




Ari Lasso, Judika, BCL, dan Anang bernyanyi, sementara Maia Estianty berada di balik grand-piano hitamnya. Mendengarkan lagu ini, semua larut dalam keharuan mendalam.

*




Tibalah saat yang paling mendebarkan. Siapakah diva masa depan Indonesia berikutnya? Lyodra dan Tiara berdiri bersebelahan di panggung sambil bergandeng tangan. Mereka berdua dan seisi studio deg-degan menanti Daniel membacakan hasil voting.




Dan seperti yang telah saya prediksikan sebelumnya, Lyodra-lah juaranya. Meski menjagokan Tiara, tapi bagi saya Lyodra pun layak jadi juara. Dia telah banyak mengikuti ajang pencarian bakat dan menjuarai festival musik internasional di Italia. Bahkan, dia pernah memperoleh penghargaan AMI Awards 2017 untuk kategori Duo/Grup/Grup Vokal/Kolaborasi Anak-Anak Terbaik.

*

Usai penyerahan hadiah berupa uang tunai ratusan juta dan satu unit mobil, Lyodra pun menyenandungkan lagu kemenangannya. Berjudul Gemintang Hatiku, ciptaan tiga musisi muda Laleilmanino.

Lale dan Ilman adalah personel band Maliq & D'Essentials, sedangkan Nino adalah personel grup RAN. Laleilmanino pun telah dianugerahi piala AMI tahun lalu, berkat lagu ciptaan mereka untuk Marion Jola.




Rupanya, masih ada kejutan lagi sebelum closing title. Sebuah videoklip dari ke-15 finalis. Mereka meng-cover lagu karya Fiersa Besari, Pelukku untuk Pelikmu.

Sungguh, saya tak menyangka Fiersa jadi makin tersohor begini. Usai jadi pengisi soundtrack film Imperfect, lalu dapat predikat Solois Pria Terbaik versi Billboard Indonesia, dan kini lagunya pun menggema di ajang pencarian bakat. Ini benar-benar contoh nyata dari ungkapan dream comes true.

*






Akhirnya, selamat untuk Lyly dan Titi. Hadirnya kalian berdua makin memperkaya warna pelangi musik Indonesia. Saya tunggu lagu-lagu terbaik kalian selanjutnya![]

3 Maret 2020
Adinda RD Kinasih

Nb. Untuk mendengarkan Gemintang Hatiku versi Lyodra, klik di sini.

Untuk mendengarkan Gemintang Hatiku versi Tiara, klik di sini.

Sumber Gambar:
Screen captured of Instagram @indonesianidolid dan @ari_lasso

Posting Komentar

0 Komentar