Masa Sekolah (4) - Sekolah Menengah Pertama

Masa SMP saya lewati di Madrasah Tsanawiyah Negeri Blitar di kawasan Karangsari.

Sejujurnya tak terlalu banyak yang bisa saya ingat dari masa ini. Maka, saya akan coba menuliskannya seingat saya.

*

Di kelas tujuh, saya masuk kelas E. Di sekolah ini, kelas E, F, G, H, dan I adalah kelas khusus perempuan. Konon, kelas E adalah kelas unggulan yang menjadi anak-emas para guru. Jujur saja, saya sendiri tak tahu mengapa bisa masuk ke kelas E. Saya rasa, saya tak terlalu pas untuk masuk ke sana.




Teman dekat saya di kelas ini adalah Anis Nur Hidayah.
Anis inilah yang pertama kali menginspirasi saya menulis. Di jam istirahat, dia gemar menulis cerpen, novel, dan puisi. Ada buku-buku tulis yang khusus ia sediakan untuk ini.

Berawal dari menjadi pembaca, kemudian saya ikut menulis juga. Ingin tahu cerita apa yang pertama kali saya tulis? Tentang para akademia AFI 2005! Hahaha. Kala itu, saya memang ngefans berat dengan salah satu finalisnya yang bernama Bojes.

*

Di kelas delapan, saya ditempatkan di kelas G. Seingat saya, kelasnya berada di lantai dua. Di sini, saya berkawan baik dengan Malik Isroyani dan Afidatul Rofiah.

Malik yang saya kenal adalah seorang tomboi yang suka sekali pada lagu-lagu ADA Band, terutama vokalisnya, Donnie Sibarani. Dia juga hobi mendengarkan radio.

Setiap hari, obrolan kami tak lepas dari program musik favorit di Radio Joosh Tulungagung yang dibawakan Faysal Antonio. Apalagi saat lagu-lagu ADA Band sering diputar di sana.

*

Di kelas delapan ini pun hobi menulis saya berlanjut. Menggunakan buku-buku bekas SD yang tak terpakai, saya menuliskan novel bertajuk Magic of Love.




Menceritakan seorang gadis bernama Diandra, yang bertemu sepasang lelaki kembar bernama Galang dan Gilang. Diceritakan, Galang ini berwajah mirip Pasha Ungu. Hahaha. Memang, kala itu saya juga cukup mengikuti perjalanan bermusik Ungu.

*

Saat kelas sembilan, saya masuk ke kelas F. Mengapa ditempatkan di kelas ini? Salah satu pertimbangan dari para guru adalah agar saya tak lagi naik-turun tangga, karena kelas F berada di lantai bawah.

Saya juga sempat mengikuti Club (pelajaran tambahan) Bahasa Inggris, dan beberapa kali ikut lomba Bahasa Inggris. Entah menang atau kalah, saya lupa.

*

Guru favorit saya di sekolah ini, pasti tiga guru Bahasa Inggris, yaitu Bu Mutik Sofiana, Pak Johan Santoso, dan Bu Binti Saidah.

Selain itu, ada Pak Rohmat, guru Matematika yang super killer. Hehehe. Saya pasti mati kutu saat disuruh mengerjakan soal di depan kelas. Ada pula Pak Kalim, guru Sejarah, yang sering memberitahu bocoran soal ulangan pada kami agar tak ada yang remidi. Hahaha.

Ada pula Pak Qomar, guru Bahasa Indonesia, yang gemar menceritakan sejarah sekolah kami. Jika sudah bercerita tentang itu, beliau sering lupa untuk menyampaikan materi. Hehehe.

Ada pula Bu Haryani, guru Bahasa Indonesia. Bu Esti Munafifah guru Fisika, juga Bu Siti Fathonah guru Ekonomi.

*

Oh ya, ada lagi teman yang paling saya ingat. Yakni Laila Afif, Lailatul Fitria, Millatinna Lestari, Nessya Indri, Anahtadiya, Gusti Nindya Paramita, Saraya Rahma, Eka Novita, Riska Agustina, Puspitarini Indraningtyas, Agustin Nurlaila, Pinta Zumrotul Izzah, Mufidatuz Zahrok, Zakiyah Himawati, Laila Ma'rufah, Yuni Indah, Reny Insyiroh, Iput Susilowati, Akmala, dan lainnya. Ternyata cukup banyak yang saya ingat. Hehehe.




Bagaimana saya bisa mengingat mereka? Mungkin karena binder ini. Di sini terkumpul biodata dan foto mereka semua. Hehehe.

*

Di masa SMP (MTs) ini, saya tak seaktif sekarang. Lebih sering berada di kelas, entah untuk membaca novel atau menulis puisi. Saya juga tak pernah ikut Upacara Bendera dan pelajaran Olahraga. Sebagai gantinya, saya diminta membuat makalah tentang sejumlah materi, juga diberi tes tulis saat ujian.

Beruntung, teman-teman dan para guru bisa menerima kondisi saya dengan baik.

Terimakasih MTsN Karangsari, untuk segala kisah dan kenangan yang ditorehkan. Terimakasih para guru atas bimbingan dan kesabarannya, semoga Anda semua sehat dan bahagia selalu. Dan terimakasih teman-teman, untuk bisa menerima saya dengan baik. Selalu saya doakan yang terbaik untuk kalian semua.[]


4 Nopember 2019
Adinda RD Kinasih

Keterangan foto:

1. Saya dalam balutan seragam identitas MTs Karangsari. Difoto oleh Anis, menggunakan tustel.

2. Buku tulis yang memuat novel karangan saya. Block note mungil itu adalah buku diari saya, hehehe.

3. Binder yang memuat biodata teman-teman.

loading...

Posting Komentar

0 Komentar