Indonesian Idol 2018 dan Segala Euforianya

Tahun ini, Indonesian Idol musim kesembilan kembali digelar. Ajang pencarian bakat yang telah ada sejak tahun 2004 ini berhasil melahirkan penyanyi-penyanyi hebat bersuara khas.

Sebut saja Delon, Judika, Citra Scholastika, Gisella Anastasia, Mike Mohede, Virzha, juga Rinni Wulandari. Bahkan, Kunto Aji pun ternyata pernah ikut Indonesian Idol, meski tak sampai final.

Namun, ada yang berbeda dengan musim kali ini. Indonesian Idol tahun ini seperti punya euforia tersendiri.

Selain masih setia pada Daniel Mananta sebagai host, juri-jurinya juga baru, yakni Ari Lasso, Maia Estianty, Judika, Bunga Citra Lestari, dan Armand Maulana. Tak lupa, para finalisnya yang memiliki keunikan masing-masing.

***

Saya telah mengikuti tayangan Indonesian Idol 2018 ini sejak babak audisi. Dan di tahap ini pun, beberapa peserta sudah menjadi sorotan.

Sebut saja Marion Jola. Gadis jelita asal Kupang ini memukau juri lewat tembang Siapkah Kau 'Tuk Jatuh Cinta Lagi. Suara manjanya berhasil menuai jutaan viewers di YouTube.

Begitu pula Ghea Indrawari. Gadis 20 tahun yang juga pernah mengikuti ajang Rising Star Indonesia ini menampilkan lagu Issues dari Julia Michaels dengan suara khasnya. Bahkan, dia pula yang menyematkan panggilan baru untuk Ari Lasso, yakni Ahjussi.

Tak ketinggalan, finalis asal Denpasar, Ahmad Abdul. Berbekal gitar, ia sukses membawakan tembang Lost Stars. Hingga ia mendapat julukan Adam Levine-nya Indonesia. Di babak Eliminasi, ia pun berhasil menyanyikan All I Want dari Kodaline.

***

Berbeda dengan mereka bertiga, sosok JK dan Kevin Aprilio justru mulai mencuri perhatian saya sejak babak Showcase dan Top 15. JK yang berasal dari Surabaya selalu memilih lagu-lagu yang antimainstream. Seperti Nurlela karya Bing Slamet, Yank dari Wali, juga Fana Merah Jambu yang dipopulerkan Fourtwnty. Sayangnya, langkah JK terhenti di babak Top 15.

Sementara, Kevin Aprilio, lelaki 17 tahun asal Jogja ini memukau telinga saya sejak ia membawakan lagu Dewi karya Dewa 19. Ada yang unik dari dirinya, ialah suara khas dan gayanya yang cuek-tapi-asyik. Sayangnya, ia harus tersisih di babak 10 besar Spektakuler Show. Tersisihnya Kevin saat itu mengejutkan banyak pihak, bahkan sempat menimbulkan kontroversi.

***

Kontestan-kontestan lain pun tak kalah istimewa. Ada Mona dan Whitney yang sempat memukau juri lewat penampilannya di audisi; Chandra yang menonjol lewat suara rock-nya; Glen yang miliki suara empuk; Bianca Jodie yang sebelumnya telah banyak meng-cover lagu di YouTube; Ayu yang bersuara khas, piawai memainkan sejumlah alat musik, dan kerap bergaya SWAG dengan hijabnya; Joan yang miliki gospel voice; serta Maria dengan suara powerful yang hampir tak pernah fals.

***

Babak demi babak telah terlewati. Satu persatu kontestan pun terhenti. Hingga akhirnya terpilihlah dua grand finalist, yaitu Abdul dan Maria. Saya lega, karena Abdul, sebagai satu-satunya peserta laki-laki yang masih bertahan, berhasil melaju ke Grand Final.

Menyoal siapa jagoan saya di Grand Final ini, tentu saja Abdul. Lelaki 27 tahun ini mengawali karier bernyanyinya dari kafe ke kafe. Penampilan Abdul yang menjadi favorit saya diantaranya adalah saat ia menyanyikan All I Want dari Kodaline, This Town dari Niall Horan, History dari One Direction, You Are The Reason dari Callum Scott, Masih Ada yang dibawakan bersama Eka Gustiwana, serta Karena Ku Cinta Kau yang berduet dengan BCL.

Berkat penampilan dan suara khas-nya, Abdul mendapat banyak apresiasi. Tak hanya dari juri dan para penggemar, talentanya pun diakui oleh Kodaline, Callum Scott, The Script, hingga Adam Levine.

***

Namun, Maria tak kalah hebatnya. Di usianya yang masih 16 tahun, gadis asal Medan ini memiliki suara yang sangat matang dan powerful. Hampir seluruh peformanya di babak Spektakuler mendapat standing ovation dari para juri. Ternyata, Maria pun sempat mengikuti ajang Indonesian Idol Junior, meski hanya sampai lima besar.

Menurut saya, penampilan paling dahsyat dari Maria adalah saat ia membawakan OST film The Greatest Showman, Never Enough. Bahkan, penyanyi aslinya pun turut memberikan pujian untuk penampilannya itu.

***

Kini, mari deg-degan lagi untuk Grand Final minggu depan. Bukan saja tentang siapa juaranya, tapi saya lebih penasaran pada kolaborasi mereka berdua dengan musisi ternama Yovie Widianto.

Wah, kira-kira apa ya yang akan disuguhkan pentolan Kahitna ini bersama Abdul dan Maria? Kita tunggu saja.[]

11 April 2018
Adinda RD Kinasih

Sumber gambar: Instagram @indonesianidolid dan @ywpiano

Posting Komentar

0 Komentar