Grand Final Indonesian Idol 2018 :  Adu Suara Abdul dan Maria

Malam tadi, Grand Final Indonesian Idol digelar. Berbeda dengan biasanya, lokasi perhelatan kali ini di E Convention Ancol. Inilah saat pertarungan bakat Abdul dan Maria demi memikat hati pemirsa Indonesia.

Dalam perhelatan kali ini, Abdul dan Maria tak hanya tampil solo. Mereka juga akan berkolaborasi dengan dua musisi hebat, yakni Yovie Widianto dan Jevin Julian.

***

Acara dibuka dengan lagu tema Idola Indonesia, yang dinyanyikan kedua Grand Finalist berkolaborasi dengan beberapa alumni Indonesian Idol. Diantaranya Ihsan, Rinni, Citra, Regina, dan Nowela.

Segera setelah itu, suara khas Abdul menggema dengan lagu Fix You. Sorak sorai penonton tak terelakkan, karena akhirnya Abdul membawakan lagu yang banyak di-request warganet. Seperti minggu sebelumnya, peforma ini mendapat standing ovation dari juri.

Disusul Maria, yang menyanyikan My Heart Will Go On. Berbeda dengan biasanya, kali ini juri tidak memberikan standing ovation. Baru, saat ia membawakan sebait Listen dari Beyonce yang di-request para fansnya, kelima juri kompak berdiri.

***

Memasuki segmen dua, kemunculan pentolan Kahitna Yovie Widianto sukses menyita perhatian. Di balik piano, terlebih dulu ia mengalunkan overture beberapa lagu hits ciptaannya. Suasana makin meriah saat Abdul muncul dan menyenandungkan Peri Cintaku dan Suratku secara mashed-up. Disusul Maria, yang me-mashed-up Mantan Terindah dan Bukan Untukku.

Penampilan mereka berdua mendapat komentar yang agak berbeda. Abdul dinilai harus lebih mempelajari lagi lagu-lagu Indonesia, sedangkan Maria mendapat pujian seperti biasa.

Di ujung segmen dua, Daniel menantang Yovie menciptakan lagu dari beberapa kata yang disebutkan juri dan penonton. Ada kata juara, idola, keren, juga nada fa, sol, dan la. Tak ketinggalan, Daniel menyebutkan kata kudanil sebagai pelengkap. Tak ayal, semua yang di panggung tertawa. Yovie pun menyanggupi, dan meminta waktu beberapa saat di belakang panggung.

***

Segmen selanjutnya, dibuka dengan para alumni Indonesian Idol terdahulu yang membawakan sejumlah lagu secara bergantian. Disambung Citra Scholastika yang menyanyikan single terbarunya.

Kemudian, tibalah giliran Abdul dan Maria berkolaborasi dengan Jevin Julian. DJ dan komposer muda yang dikenal lewat grup Soundwave bersama Rinni ini mengaransemen Risalah Hati yang dibawakan Maria, dan Cobalah Mengerti yang dinyanyikan Abdul.

***

Yovie Widianto kembali tampil, kali ini bersama para alumni Idol. Mereka menyanyikan lagu Kemenangan Hati ciptaan Yovie, yang dulu sempat dinyanyikan Dirly dan Ghea.

Selepas penampilan kolaborasi itu, Yovie melunasi "hutang" menciptakan lagu tadi. Bersama BCL di atas panggung, alunan piano, suara merdu, dan lirik indah berpadu. Kata kudanil sedikit diubah menjadi "A(ku) (dan) h(il)angnya". Berikut adalah lirik lagu dadakan ciptaan Yovie selengkapnya, yang tak diketahui persis judulnya.

Dulu aku tak bisa lari
Dari kenyataan yang ada
Dia pergi, dia lukai hati ini
Aku harus rela

Aku dan hilangnya kekasih hanya jadi
Cerita lama hati yang telah lalu
Kini telah kutemukan kasih yang terindah
Kau keren, kau juara, kau idola hati terkasih

***

Jangan dulu beranjak, karena Abdul dan Maria kembali tampil membawakan lagu baru. Bertajuk Yang Terbaik, ciptaan Abdul The Coffee Theory.

Aransemen Maria dibuat grande dan sarat orkestrasi, sementara Abdul menyanyikannya dengan musik yang terdengar ringan dan lebih nge-band. Penampilan mereka kembali membuahkan standing ovation juri.

Nanti, lagu ini akan dibawakan oleh pemenang Indonesian Idol di babak Result Show.

***

Menutup pagelaran malam itu, Abdul dan Maria tampil berduet dengan lagu Rise dari Katy Perry.

Siapakah juaranya? Siapa pun itu, yang pasti, Abdul dan Maria serta para finalis lainnya telah menambah warna baru di pelangi musik Indonesia.

Nantikan jawabannya di babak Result and Reunion Show pekan depan.[]

17 April 2018
Adinda RD Kinasih

Foto diambil dari Instagram: @indonesianidolid, @armandmaulana04, dan @ari_lasso

Posting Komentar

0 Komentar