Ello, Ternyata Kisah Kita Belum Usai

 Mungkin kisah kita t'lah usai
Tak demikian cintaku
Berakhir memang telah berakhir
Namun ku tetap bersyukur...
-Kisah Kita T'lah Usai (2005)

Awal Kenal, Jatuh Suka, dan Kecewa

Nama Marcello Tahitoe tak pernah asing bagi saya. Lebih dulu dikenal dengan nama Ello, sesungguhnya pesona lelaki ini telah saya temukan sejak 2005. Ya, kala saya berusia remaja, tepatnya di bangku Sekolah Menengah Pertama.

Di masa itu, tembang Pergi untuk Kembali berseliweran di radio dan sempat menduduki posisi teratas di tangga lagu terkini. Telinga saya pun turut terbius dan dilanda penasaran, siapa gerangan solois bersuara merdu ini?

Rupanya, darah musik yang mengalir deras dalam tubuh Ello berasal dari kedua orang tuanya yang menjadi legenda musik Indonesia, yakni Minggus Tahitoe dan Diana Nasution. Tak hanya itu, ternyata sosok ternama Glenn Fredly adalah sepupu Ello.

Namun, meski bakat itu jelas terlihat dalam dirinya, awalnya Ello justru tak suka bernyanyi. Ia lebih menggemari bermain alat musik, seperti gitar dan piano.

Awalnya, lelaki kelahiran 20 Februari ini akan berpartisipasi dalam project album kompilasi recycle lagu lawas. Dirinya akan membawakan karya sang ayah, Pergi untuk Kembali.

Namun, proyek kompilasi ini berubah menjadi album solo perdana, yang dirilis dengan tak terencana.

Album yang didominasi warna hitam ini pun berhasil saya dapatkan kemudian. Sembilan lagu lainnya pun tak kalah merdu, dengan aransemen musik pop R'nB.
Ada dua judul yang menjadi favorit saya, yakni Mungkin Mereka Bilang dan Kisah Kita T'lah Usai.

Namun, selepas album itu, nama Ello tak pernah saya dengar lagi. Ia seperti hilang ditelan bumi.

Baru pada 2008, tembang terbarunya kembali merajai chart musik di berbagai radio. Saya cukup gembira, ternyata Ello Masih Ada, seperti judul karya tersebut.

Beberapa lagu lain seperti Buka Semangat Baru (2011), serta Yang Ku Nanti dan Gak Kayak Mantanmu (2012) sempat akrab di telinga, namun kemudian berlalu begitu saja.

Waktu berlalu, hingga sosok Ello kembali mengejutkan saya pada 2017. Penyanyi bersuara khas ini diamankan karena terlibat kasus penggunaan obat terlarang.

Satu hal yang sangat saya sayangkan, dan jujur saja, cukup mengecewakan. Sejak saat itu, perlahan sosok Ello pun tergantikan.

Kekaguman itu Masih Ada

Sepertinya, putra bungsu Diana Nasution ini memang hobi memberi kejutan. Tepatnya pada September 2021, Ello muncul di kanal YouTube Video Legend milik Ahmad Dhani.

Diiringi personil Dewa 19 yang lain, lagu Sudah, Tak Kan Ada Cinta yang Lain, dan Kau yang Kusayang tersaji dengan warna berbeda lewat suara merdunya.

Rupanya, itu merupakan sebuah proyek kolaborasi yang digagas Ahmad Dhani. Pentolan Dewa 19 ini mengajak beberapa penyanyi untuk membawakan lagi karya-karya terbaiknya dan sejumlah lagu nostalgia yang melegenda.

Selain Ello, ada pula Virzha, Hanin Dhiya, Yura Yunita, Maliq & D'essentials, Pamungkas, dan sebagainya.



Tak berhenti sampai di situ. Setahun kemudian, tepatnya di akhir Februari 2022, Ello menyatakan diri resmi bergabung sebagai vokalis Dewa 19.

Bagi saya yang telah menggemari Dewa 19 sejak kecil, kabar ini sangat menggembirakan selepas hengkangnya Once Mekel.

Dua project kolaborasi Ello bersama band ini sebelumnya, sudah cukup membuktikan bahwa warna vokal lelaki berdarah Ambon-Batak itu sesuai; sekaligus bisa memberi nuansa baru dalam tembang-tembang Dewa 19.

Dari segi kehidupan pribadi, sosok Ello pun tak kalah mengagumkan. Mungkin di panggung atau layar kaca, dirinya dikenal sebagai rocker yang cuek, namun ada pula sisi lembut dan penyayang saat berhadapan dengan sang istri, Cindy Maria dan putri kecilnya, Dunia Tahitoe.

Ello di X Factor Indonesia 2024

Kejutan menggembirakan belum selesai. Bersama Vidi Aldiano, nama Ello tercatat sebagai mentor baru dalam ajang pencarian bakat X Factor Indonesia tahun ini. Tentunya hal ini membuat saya makin bersemangat menonton. Terpilihnya Ello sebagai mentor baru pun rasanya sangat tepat.

Bagaimana tidak, pada medio 2016 hingga 2020, lelaki kelahiran Jakarta ini mengubah nama panggungnya menjadi Marcello Tahitoe.
Tak hanya itu, dirinya pun merilis tiga album beraliran rock alternatif dan grunge.



Meski diakui Ello deretan album ini tak terlalu diminati, namun berkat keberanian menyelami genre rock membawanya meraih dua kali penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards.

Tepatnya untuk kategori yang sama, yakni Best Rock Male Solo Artist di tahun 2016 dan 2019. Baginya, pencapaian itu sudah cukup membanggakan.

Hal ini menjadi tanda bahwa sosok bernama lengkap Marcello Tahitoe ini menguasai hampir semua aliran musik, piawai menulis lagu, dan memproduksi karyanya sendiri. Sebuah alasan yang kuat untuknya menjadi mentor baru di ajang X Factor.

Kisah Kita Belum Usai

Hadirnya Ello di X Factor membuat Senin malam saya semakin berwarna. Di layar kaca, pribadinya terbaca dari sisi-sisi yang lain.

Ada saat Ello menjadi humoris, serius, bahkan begitu manis menghadapi para peserta dan mentor yang lain.

Kekaguman saya makin tumbuh sejak saat itu. Di sela menonton aksi para peserta, saya menyempatkan diri mengabadikan sosok gondrong nan tampan ini dalam jepretan lewat layar laptop setiap ia memberi komentar.

Berbekal rasa iseng dan penasaran, saya pun menggabungkan foto-foto tersebut dalam kolase dan mengunggahnya dalam kilasan story Instagram. Tak lupa, menandai akun milik Ello pula di sana.



Alangkah kegirangan saya, saat postingan sesaat itu di-notice olehnya dengan sebentuk like. Saya pun heran, kok bisa segembira ini rasanya.

Sepertinya tak hanya pada keluarga, seorang Marcello Tahitoe memiliki hangat dan ramah yang sama pada setiap penggemarnya.

Jadi, Kak Ello, ternyata kisah kita tak terhenti di tahun 2005. Kisah ini belum usai, begitu pula kekaguman ini.

Kagum atas anugerah Tuhan untukmu berupa talenta musik luar biasa, pribadi baik hati yang hangat dan menyenangkan, juga rambut gondrong dan wajah rupawan.

Teruslah menjadi MarcEllo Tahitoe yang seperti ini. Keep being multitalented and kind-hearted,  Kak!
Semoga saya bisa nonton konsermu live suatu saat nanti.[]

16 Februari 2024
Adinda RD Kinasih

Sumber Foto:
Dok. Pribadi
Tangkap Layar Instagram/@marcello_tahitoe

 


Posting Komentar

0 Komentar